SKRIPSI

Penulis / NIM
SELVI Y. NUR / 151410307
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK Selvi Y. Nur,2012“Meningkatkan Kemampuan Siswa Menemukan Kalimat Utama Pada Setiap Paragraf Melalui Membaca Intensif Di Kelas IV SDN 3Bulontio Timur Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara”Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hawa Pattiha, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya kemampuan siswa kelas IV SDN 3 Bulontio Timur dalam menemukan kalimat utama setiap paragraf.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan kalimat utama melalui membaca intensif.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Dari hasil analisis kemampuan siswa pada tes akhir siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 63,00. Siswa yang telah mampu menemukan kalimat utama setiap paragraf sebanyak 10 siswa atau 45%, sedangkan siswa yang belum mampu sebanyak 12 siswa atau 55%. Hasil analisis kemampuan siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 22 siswa kelas IV adalah 71,00. Siswa yang telah memiliki kemampuan menemukan kalimat utama setiap paragraf sebanyak 18 siswa atau 82% sedangkan yang belum mampusebanyak 4 siswa atau 18%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui membaca intensif dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 3 Bulontio Timur Kecamatan Sumalata dalam menemukan kalimat utama setiap paragraf.Untuk itu disarankan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menemukan kalimat utama dapat dilakukan melalui membaca intensif. Kata Kunci : Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf dan membaca intensif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011