Penulis / NIM
SRI MASTUTI HIPPY / 151410308
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Sri mastuti hippy. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Pengamatan Objek Pada Siswa Kelas III SDN 1 Limehu Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Hj Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd. dan pembimbing ll Hj Sumarni Mohamad S.Pd, M.Pd
Masalah pokok pada penelitian ini adalah “ apakah dengan teknik pengamatan objek dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas lll SDN 1 Limehu?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskriptif melalui teknik pengamatan objek.
Data pada penelitian ini diperoleh melalui lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, serta tes tertulis. Indikator keberhasilan yang ditetapkan untuk kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar adalah 70%. Aspek kegiatan guru dan siswa memperoleh nilai pengamatan dengan kriteria sangat baik (sb) dan baik (b). Sedangkan untuk hasil belajar siswa minimal 85% siswa memperoleh nilai 65 ke atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil capaian siswa hanya mencapai 40,75% pada siklus 1. Pada siklus ll mencapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 85,18%. Dengan demikian hasil capaian siswa pada siklus ll sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknik pengamatan objek.
Kata kunci: karangan deskriptif dan pengamatan objek.
Download berkas