Penulis / NIM
HERSON K. LAGUNE / 151410309
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Herson K. Lagune. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembuatan Magnet Sementara Melalui Metode Eksprimen Di Kelas V SDN 2 Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa pada materi pembuatan magnet sementara dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V SDN 2 Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dapat meningkat”?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembuatan magnet sementara melalui metode eksperimen di kelas V SDN 2 Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 29 orang siswa yang dikenakan tindakan ketuntasan sejumlah 20 orang atau 69% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu mencapai 26 orang siswa atau 90% yang memiliki ketuntasan hasil belajar pada materi pembuatan magnet sementara melalui metode eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembuatan magnet sementara di Kelas V SDN 2 Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Magnet, Metode Eksperimen,
Download berkas