Penulis / NIM
LISNA ABDULLAH NIHE / 151410312
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Lisna Abdullah Nihe. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Cerita Melalui Model Think Pair And Share Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd.M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menyimak cerita dapat meningkatkan melalui model Think Pair and Share pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Cerita Melalui Model Think Pair And Share Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 20 orang siswa yang dikenakkan tindakan, 12 orang atau 60% memiliki kemampuan menyimak cerita. Pada siklus II dari 20 oarang siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang siswa atau 85% memiliki kemampuan menyimak cerita.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair and Share meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN 1 Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci : Kemampuan, menyimak, cerita, model, Think Pair And Share
Download berkas