Penulis / NIM
YULIYANTI G. TAHIR / 151410314
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
YULIANTI G. TAHIR. “MeningkatkanPemahamanSiswaPadaMateriOrganisasiSekolahmelaluiMetodeBermainPeranPadaPembelajaranPKn Di Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeriGorontalo, 2012.
PermasalahandalampenilitianiniadalahApakahpenggunaanmetodebermainperandapatmeningkatkanpemahamansiswapadamateriOrganisasiSekolah di kelas V MI. MuhammadiyahDembe I Kota Gorontalo.AdapuntujuanpenelitianadalahmeningkatkanpemahamansiswapadamateriOrganisasiSekolahmelaluimetodebermainperan di kelas V MI. MuhammadiyahDembe I Kota Gorontalo.Sementarateknikanalisis data yang digunakanyaitudeskriptifkualitatif.
PenilitianinimengunakanPenilitianTindakanKelas, dimanatindakanpenilitiandihentikanjikatelahtercapaikriteriaketuntasan minimal (KKM) sebesar 75% darijumlahkeseluruhansubyekpenelitiandengan rata-rata skorlebihdari 65. Subyekdalampenelitianiniadalah 23 siswakelas V MI. MuhammadiyahDembe I Kota GorontaloTahunpelajaran 2011-2012.Pemahamanbelajarsiswadiukurberdasarkankriteriaketuntasanbelajarperorangan.
PenilitianinimengunakanPenilitianTindakanKelas, dimanatindakanpenilitiandihentikanjikatelahtercapaikriteriaketuntasanminimal (KKM) sebesar 75% darijumlahkeseluruhansubyekpenelitiandengan rata-rata skorlebihdari 65. Subyekdalampenelitianiniadalah 23 siswakelas V MI. MuhammadiyahDembe I Kota GorontaloTahunpelajaran 2011-2012.Pemahamanbelajarsiswadiukurberdasarkankriteriaketuntasanbelajarperorangan.
Kata Kunci :PemahamanSiswa, Metodebermainperan.
Download berkas