SKRIPSI

Penulis / NIM
MEIS YUNUS / 151410316
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK Meis Yunus, NIM. 151 410 316. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd. 2012 Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Apakah keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo akan meningkat melalui metode sosiodrama?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo melalui metode sosiodrama. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif persentase dengan maksud untuk memberi gambaran terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo melalui metode sosiodrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal keterampilan berbicara siswa yang diamati pada aspek: menghayati kata-kata yang disampaikan, menghubungkan kalimat sesuai pesan, pengucapan dengan intonasi yang tepat, keruntutan dan keberanian dalam berbicara berada pada kategori kurang dengan persentase 50% atau terdapat 14 siswa yang kurang terampil dalam berbicara dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 66,0 dan ketuntasan belajar mencapai 21,43%. Setelah diadakan tindakan siklus I meningkat yaitu berada pada kategori cukup dengan persentase 82,14% atau terdapat 23 siswa yang cukup terampil dalam berbicara dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 75,86dan ketuntasan belajar mencapai 46,43%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan berada pada kategori baik dengan persentase 85,71% atau sudah terdapat 24 siswa yang memiliki keterampilan baik dalam berbicara dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 84,04 dan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara dan Metode Sosiodrama.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011