Penulis / NIM
HARMIATI JAKRIN ACHIR / 151410317
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Harmiati J. Achir. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menulis Wacana Deskriptif Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Kelas V SDN 2 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis wacana deskriptif pada siswa kelas V SDN 2 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo kurang memuaskan karena tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis wacana deskriptif melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas V SDN 2 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SDN 2 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi. Dari hasil penelitian, ketuntasan yang diperoleh pada observasi hanya sejumlah 6 orang atau sebesar 30%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 13 orang atau sebesar 65% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau ketuntasan sebesar 90%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa menulis wacana deskriptif dengan menggunakan metode pemberian tugas.
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis wacana deskriptif melalui metode pemberian tugas sudah baik dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan.
Kata Kunci: Wacana Deskriptif, Metode Pemberian Tugas.
Download berkas