Penulis / NIM
HAINA RAUF PATILA / 151410318
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
HAINA RAUF PATILA, NIM. 151 410 318, “Meningkatkan
Kemampuan Siswa Menyusun Puisi Melalui Pengamatan Benda Di Kelas V SDN
1 Parungi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo” Skripsi: Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Hj. Evi Hasyim, M.Pd, Pembimbing II : Dra.
Dajani Suleman, M.Hum
Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya kemampuan siswa kelas
VSDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto dalam menyusun puisi. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun
puisi melalui pengamatan benda. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis
data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif
persentase.
Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap kemampuan
siswa dalam menyusun puisi adalah nilai rata-rata 60,56. Penelitian tindakan kelas
ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan
dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4
tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta
analisis dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata
maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data
analisis kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-
rata yang dicapai adalah 52,12. Dari 25 siswa yang terdapat di kelas V SDN 1
Parungi yang telah mencapai kemampuan dalam belajar sebanyak 8 siswa atau
32%, sedangkan siswa yang belum mampu sebanyak 17 siswa atau 68%. Hasil
analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-
rata yang dicapai oleh 25 siswa kelas V adalah 76,24. Siswa yang telah mencapai
kemampuan sebanyak 19 siswa atau 76% sedangkan yang belum mampu dalam
belajar sebanyak 6 siswa atau 34%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyusun puisi
dengan mengamati benda dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 1
Parungi Kecamatan Boliyohuto. Untuk itu disarankan agar guru kelas V dalam
melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan media konkrit
atau media langusung untuk memudahkan siswa dalam memahami materi.
Kata Kunci : kemampuan belajar siswa, menyusun puisi, dan pengamatan
benda.
Download berkas