Penulis / NIM
RAHMAWATY SAUS / 151410319
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
RAHMAWATY SAUS. NIM.151 410 319. 2012.Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas II SDN 4 Suwawa Kecamatan Suwawa. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas ilmu pendidikan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas II SDN 4 Suwawa Kecamatan Suwawa.
Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SDN 4 Suwawa Kecamatan Suwawa. Siswa yang dikenai tindakan yaitu Siswa Kelas II dengan karakteristik 23 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 23 orang siswa yang dikenai tindakan, siswa mampu menulis huruf kapital sebanyak 57 % atau kategori cukup, sementara masih terdapat 43 % siswa belum mampu menulis huruf kapital dengan daya serap 67%. Sementara pada pelaksanaan siklus II ini diperoleh data bahwa dari 23 orang siswa yang dikenai tindakan sebanyak 87 % siswa mampu menulis huruf kapital sedangkan sisanya sebanyak 13 % belum mampu. Sementara daya serap meningkat menjadi 78 %. Dengan demikian, metode pemberian tugas dapat meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital. Peningkatan tersebut terwujud melalui beberapa tahapan yang telah direncanakan terlebih dahulu.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis Huruf Kapital, Metode Pemberian Tugas
Download berkas