Penulis / NIM
WARIYATUN / 151410321
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Wariyatun. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pembentukan Tanah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 2 Dutulanaa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.Ahmad Lamusu,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Drs.Djotin Mokoginta,S.Pd,M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pembentukan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Dutulanaa melalui pembelajaran kKooperatif tipe Jigsaw. Objek penelitian berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes tertulis. Hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 23 orang siswa yang dikenakan tindakan, 12 orang atau 52% yang sudah tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata ketuntasan 67,39. Persentase ini meningkat pada siklus II,dari 23 orang siswa yang dikenakan tindakan, 19 orang atau 83% yang sudah tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata ketuntasan 75,65.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembentukan tanah di kelas V SDN 2 Dutulanaa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif
Download berkas