Penulis / NIM
DEDIN S. KARIM / 151410322
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Dedin S. Karim. 2012. Penerapan Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menganalisis Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa menganalisis puisi melalui model Think Pair Share di kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menganalisis puisi pada siswa kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan model think pair share.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jelas menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan untuk menganalisis puisi mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 11 orang (61.11%), selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 15 siswa atau 83.33% siswa yang ada di SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo yang mampu menganalisis puisi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menganalisis puisi dapat ditingkatkan melalui model Think Pair Share.
Kata Kunci: Think Pair Share, Puisi
Download berkas