SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD A. DJAKARIA / 151410323
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Muhammad A. Djakaria. 2013. NIM. 151 410 323. Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasikan Bangun Segi Empat Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN I Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Martianty Nalole, M.Pd, Pembimbing II: Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: “Apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan mengklasifikasi bangun segi empat pada siswa kelas II SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan bangun segi empat melalui pendekatan kontekstual pada siswa Kelas II SDN I Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 11 siswa atau 55%, yang mampu mengklasifikasi bangun segi empat dan memperoleh nilai 70 sehingga belum mencapai indikator. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa hingga mencapai 16 siswa yang memperoleh nilai dari 70 ke atas atau 80% dari 20 siswa yang ada di kelas II SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa. Hal ini telah mencapai indikator dan pembelajaran dianggap tuntas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan bangun segi empat. Kata Kunci: Kemampuan Mengklasifikasikan, Segi Empat, Pendekatan Kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011