SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVA H. ISMAIL / 151410327
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Nova H. Ismail.2012. MeningkatkanPemahamanSiswatentangPengaruhEnergiPanasDalamKehidupanSehari-HariMelaluiMetodeKaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo.Skripsi.S1 Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul HarisPanaI,S.Pd,M.Pd, PembimbingII:Drs.AhmadLamusu, S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalah “Apakahpemahamansiswatentangpengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-haridapatditingkatkanmelaluipenggunaanmetodekaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo?”.Sedangkantujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanpemahamansiswatentangpengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-harimelaluimetodekaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiantindakankelas.Denganteknikpengumpulan data observasidandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisispersentase.Penelitiandilaksanakandalamduasiklus, tiapsiklusterdiridaritahapawal, tahappelaksanaantindakan, tahappemantauandanevaluasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmetodekaryawisatamampumeningkatkanpemahamanbelajarpadamateripengaruh energy panas.Padaobservasiawal rata-rata siswa yang memilikipemahamantuntasyaitusebanyak 6 siswa (30%) dari 20 siswakelas III SDN 1 TabongoTimur.Padasiklus I meningkatmenjadi 12 siswa (60%) danpadasiklus II meningkatmenjadi 17 siswa (85%).Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa “Jikadigunakanmetodekaryawisatamakapemahamanterhadapmateripengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-haripadasiswakelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongodapatmeningkat, dapatditerima.” Kata Kunci: PemahamanSiswa, MetodeKaryawisata, PengaruhEnergiPanas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011