Penulis / NIM
NOVA H. ISMAIL / 151410327
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Nova H. Ismail.2012. MeningkatkanPemahamanSiswatentangPengaruhEnergiPanasDalamKehidupanSehari-HariMelaluiMetodeKaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo.Skripsi.S1 Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul HarisPanaI,S.Pd,M.Pd, PembimbingII:Drs.AhmadLamusu, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalah “Apakahpemahamansiswatentangpengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-haridapatditingkatkanmelaluipenggunaanmetodekaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo?”.Sedangkantujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanpemahamansiswatentangpengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-harimelaluimetodekaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo.
Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiantindakankelas.Denganteknikpengumpulan data observasidandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisispersentase.Penelitiandilaksanakandalamduasiklus, tiapsiklusterdiridaritahapawal, tahappelaksanaantindakan, tahappemantauandanevaluasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmetodekaryawisatamampumeningkatkanpemahamanbelajarpadamateripengaruh energy panas.Padaobservasiawal rata-rata siswa yang memilikipemahamantuntasyaitusebanyak 6 siswa (30%) dari 20 siswakelas III SDN 1 TabongoTimur.Padasiklus I meningkatmenjadi 12 siswa (60%) danpadasiklus II meningkatmenjadi 17 siswa (85%).Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa “Jikadigunakanmetodekaryawisatamakapemahamanterhadapmateripengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-haripadasiswakelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongodapatmeningkat, dapatditerima.”
Kata Kunci: PemahamanSiswa, MetodeKaryawisata, PengaruhEnergiPanas
Download berkas