Penulis / NIM
WINDRI WARTABONE / 151410330
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Windri Wartabone: 151 410 330. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peta Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Limboto Barat. Pembimbing I Dra, Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S. Ag., MA
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Kemampuan membaca peta pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 7 Limboto Barat, Kendala apa yang dihadapi guru dalam menyajikan materi membaca peta, dan Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca peta pada siswa kelas IV SDN 7 Limboto Barat "
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan membaca peta pada siswa kelas IV SDN 7 Limboto Barat, untuk menggambarkan kendala yang dihadapi guru dalam menyajikan materi membaca peta, dan untuk menggambarkan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca peta pada siswa kelas IV SDN 7 Limboto Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dalam meningkatkan kemampuan membaca peta guru melakukan upaya dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang tidak memperhatingan dengan menegur, memberikan pertanyaan, memberikan penjelasan berulang materi, memberikan tugas atau PR dan memberikan bimbingan khusus maka dapat disimpulkan bahwa guru telah melakukan upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca peta pada siswa kelas IV SDN 7 Limboto Barat dengan baik.
Kata Kunci :Upaya Guru, Kemampuan siswa
Download berkas