Penulis / NIM
YENI MOZIN / 151410333
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
Yeni Mozin. 151 410 333. Meningkatkan Kemampuan Berpidato Dalam Metode Ekstemporan Siswa Kelas V SDN 1 Bongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan berpidato melalui metode ekstemporan pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpidato melalui metode ekstemporan pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kabupaten Gorontaloā€¯.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SDN 1 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, pada tahap observasi awal dari 22 siswa kemampuan hanya berjumlah 8 orang atau sebesar 36.36%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 68.18%. Jumlah persentase kemampuan siswa meningkat pada siklus II sejumlah 19 atau 86.36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode ekstemporan dapat meningkatkan kemampuan berpidato pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan, Berpidato, Metode Ekstemporan
Download berkas