Penulis / NIM
SAHRUDIN MIDU / 151410338
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Sahrudin Midu. 2014. Meningktkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Melalui Metode Contekstual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya di kelas V SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo". Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi gaya di kelas V SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 15 siswa kelas V SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 15 sebanyak 7 siswa dengan presentase 46%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa dengan presentase 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo .
Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya, Metode CTL
Download berkas