SKRIPSI

Penulis / NIM
RETIYULIANTI A. ISHAK / 151410340
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK Retiyulianti A. Ishak, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Tanda Baca Melalui Teks Bacaan di Kelas IV SD Negeri 2 Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Permasalahan dalam penelitian ini Apakah kemampuan siswa SDN 2 Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo dalam menggunakan tanda baca dapat ditingkatkan melalui teks bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca dalam sebuah teks bacaan di SDN 2 Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan deskriptif Kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan tahap pemantauan dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah dari pemberian pretest, siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa kelas IV dalam menggunakan tanda baca melalui teks bacaan di SD Negeri 2 Tabongo Timur Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian pada kondisi perencanaan tanpa menggunakan teks bacaan ini skor rata-rata adalah 49, setelah menggunakan teks bacaan skor rata-rata meningkat yaitu pada siklus I menjadi 64 dan pada siklus II menjadi 81,5. Sedangkan persentase kemampuan siswa kelas IV dimulai dari pretest mencapai 25% meningkat pada siklus I menjadi 55% dari jumlah seluruh siswa kelas IV dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II. Hal ini berarti penggunaan teks bacaan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca. Simpulan dari penulis adalah penggunaan teks bacaan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca di kelas IV SDN 2 Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo Timur, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Menggunakan Tanda Baca dan Teks Bacaan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011