Penulis / NIM
RETNI IBRAHIM HABIBIE / 151410341
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
RetniIbr. Habibie. 2012. NIM. 151 410 341.Meningkatkan Kemampuan Menentukan FPB Melalui Metode InquiryPadaSiswa Kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.Skripsi.JurusanPendidikan Guru SekolahDasarUniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I: Dra. MartiantyNalole, M.Pd, Pembimbing II: Ismail Pioke,S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menentukan FPB di Kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode inquiry?Sedangkan tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan kemampuan menentukan FPB melalui metode inquiry di Kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodePenelitianTindakanKelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwapenggunaan metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan menentukan FPB pada siswa kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa. Pada observasi awal menunjukkan bahwa dari 7 siswa atau 31.82% dari 22 siswa yang memiliki kemampuan baik dalam menentukan FPB, pada
Siklus I jumlah siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam menentukan FPB mengalami peningkatan menjadi 14 siswa atau 63.64% dari 22 siswa yang ada di kelas IV SDN 1 Payunga. Pada siklus II kemampuan siswa dalam menyelesaikan cara menentukan FPB mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 81.82%.
Kata Kunci: Kemampuan Menentukan FPB, Metode Inquiry
Download berkas