Penulis / NIM
LEXNA G. YUSUF / 151410342
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Lexna G. Jusuf, 2012 “Meningkatkansenimusikdenganpenerapanpenggunaanalatmusikkeyboard padasiswakelas IV SDN 3 TabongoTimur” TugasAkhir Program Studi S – 1 PGSD JurusanPendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalodenganPembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.PdM.SidanPembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Masalah yang dapatdikajidalampenelitianiniyaitubagaimanaupayauntukmenerapkanpengggunaanalatmusikkeyboard dalammeningkatkansenimusikpadasiswakelas IV SDN 3 TabongoTimur.AdapuntujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuansiswaKelas IV SDN 3 TabongoTimurdalampenggunaanalatmusikkeyboard.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptifdenganteknikpengumpulan data melaluiobservasi, latihanpemantapansertaevaluasi.
Berdasarkanhasilpenelitian, kemampuansiswadalammemainkanalatmusikkeyboard sangatlahjauhdariharapandenganpersentase 23,53 % atauhanya 4 orang dari 17 siswa. Setelahmelaksanakanpenelitianpadasiklus I mengalamipeningkatanmenjadi 52,94 % ataumeningkatmenjadi 9 siswa.
Selanjutnyasiswalebihbersemangatdalam proses pembelajaran. Realitapadasiklus II siswamampumemainkanalatmusikkeyboard mencapaipersentase 76,47 % ataumencapai 13 siswadantelahmencapaiindikator. Dari hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranmusikkeyboard dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterutamadalammemainkanalatmusik
Kata Kunci: Penerapan, Penggunaan, Keyboard.
Download berkas