SKRIPSI

Penulis / NIM
IRAWATI PANE / 151410343
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Irawati Pane. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengaruh Gravitasi Bulan Terhadap Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Iluta Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd. Hasil belajar siswa pada materi pengaruh gravitasi bulan terhadap bumi di kelas IV SDN 2 Iluta Kabupaten Gorontalo, kurang memuaskan karena tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru merupakan metode pembelajaran konvensional, yang menyebabkan pembelajaran kebanyakan berpusat pada guru dan siswa cenderung lebih pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengaruh gravitasi bulan terhadap bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 2 Iluta Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 2 Iluta. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi pengaruh gravitasi bulan terhadap bumi di kelas IV SDN 2 Iluta dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang tuntas hanya sejumlah 5 orang atau sebesar 23.80%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 14 orang atau ketuntasan sebesar 66.67% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 19 orang atau ketuntasan sebesar 90.48%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa pada materi pengaruh gravitasi bulan terhadap bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011