SKRIPSI

Penulis / NIM
RIYA TAI BANTU / 151410344
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Sarco. H. Radjak ,2012“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas III Sdn I Hutuo Kecamatan Limboto,”Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof.Dr.Hi.Haris Panai M.Pd, Pembimbing II : Drs.Ahmad Lamusu M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Hutuo Kecamatan Limbotodalam pembelajaran IPA materi sumber energi.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap hasil belajar siswapada materi sumber energiadalah nilai rata-rata 56,42.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 66,42 Dari 28 siswa yang terdapat di kelas III SDN 1 Hutuo yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 15 siswa atau 53,57%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 46,43%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 28 siswa adalah 74,64. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 23 siswa atau 82,14% sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 5 siswa atau 17,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas III SDN 1 Hutuo Kecamatan Limboto.Untuk itu disarankan agar guru kelas III dalam melakukan pembelajaran IPAdapat menggunakan pendekatan kontekstual. Kata Kunci : hasil belajar siswa, sumber energi, dan pendekatan kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011