Penulis / NIM
DADANG NOHO / 151410345
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
DADANG NOHO. 2014 ''Penerapan Pendekatan Contexstual Teaching Learning Questioning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di kelas V SDN N0.98 Sipatana Kota Gorontalo, Pembimbing I Sumarni Mohamad,S.Pd,M.Pd. Dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 'Apakah Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas V SDN NO.98 Sipatana Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui Penerapan Pendekat Contextual Teaching Learning Qustioning ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning Questioning pada kelas V SDN N0 98 Sipatana Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan tehnik analisis data, berupa data kuantitatif dan data kualitatif.
Dari hasil pembelajara sesuai observasi awal diperoleh nilai di atas dari 65 sebanyak 10 siswa atau dengan presentase 28,5% dari jumlah siswa 35 orang, sementara yang memperoleh di bawah 65 sebanyak 25 orang dengan presentase 69,4% dari jumlah siswa 35 orang. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 65 sebanyak 30 siswa dengan presentase 85,7% dari jumlah siswa 35 orang, sedangkan siswa yang memperoleh nilai di bawah dari 65 sebanyak 5 orang dengan presentase 14,2% dengan daya serap 80%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning Questioning pada siswa kelas V SDN N0.98 Sipatana Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Pendekatan, Contexstual Teaching Learning Questioning, Kemampuan Berbicara
Download berkas