SKRIPSI

Penulis / NIM
FESTY DJENAAN / 151410350
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Festy Djenaan. 2014. Analisis Kemampuan Guru Dalam Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas IV SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag.MA Masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana kemampuan guru dalam penerapan pendekatan kontekstual, (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan kendala dalam menerapkan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS. Dengan tujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual, (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan kendala dalam menerapkan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 11 Bongomeme sangatlah beragam, namun pada dasarnya sama. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia peserta didik secara nyata dan mendorong mereka untuk menerapkan pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulan, bahwa kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 11 Bongomeme yakni dengan melaksanakan tujuh komponen yaitu konstruktivisme (Constuctivism), inkuiri (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), penilaian sebenarnya (authentic assessment). Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pendekatan Kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011