Penulis / NIM
FITRIA RASYID / 151410351
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Fitria Rasyid. 2014. Analisis Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 03 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah menganalisis kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 03 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 03 Bongomeme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Bongomeme, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS sangatlah efektif diterapkan di Sekolah Dasar khususnya di kelas V ( Lima) SDN 3 Bongomeme. Dengan adanya penggunaan media pada pembelajaran dapat menjadikan pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa, karena siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk membantu guru dan siswa memudahkan pembelajaran yang abstrak menjadi konkrit.
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Media Pembelajaran
Download berkas