Penulis / NIM
HARIYATI ABDUL KADIR / 151410352
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
HARIYATI ABDUL KADIR.2014.Deskripsi penerapan model pembelajaran koopeatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika di SDN I Kabila Bone.Skripsi. Jurusan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Martianty Nalole, M.Pd dan Samsiar Rival S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Deskripsi penerapan model pembelajaran koopeatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika di SDN I Kabila Bone? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran koopeatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika di SDN I Kabila Bone. Jenis penelitian adalah penelitian deskripsi kualitatif. Tehnik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika di SDN I Kabila Bone yakni siswa memperoleh topik permasalahan, dari diskusi kelompok ahli, dan membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri atas 4 samapai 6 orang per kelompok setelah itu laporan kelompok, kelompok ahli kembali kekelompok asal menjelaskan topik-topik permasalahan kemudian kuis dibagikan setelah itu penentuan skor. Dari pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang sudah dijelaskan sehingga mengembangkan aktivitas, kreaktivitas, kemandirian, sikap, dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dan memiliki peningkatan kemampuan dalam berpendapat. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sesuai dengan langkah-langkahnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan dokumentasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru.
Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran, Jigsaw, Matematika
Download berkas