SKRIPSI

Penulis / NIM
MYFTA LEHU / 151410353
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Myfta Lehu. 2015. Deskripsi Penggunaan Media Konkret Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 2 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana deskripsi penggunaan media konkret pada pembelajaran matematika di SDN 2 Kotabunan?". Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan media konkret pada pembelajaran matematika di SDN 2 Kotabunan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara di SDN 2 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur bahwa dari 9 orang guru, terdapat 7 orang guru yang sudah pernah menggunakan media konkret dalam pembelajaran matematika dan hanya 2 orang guru yang tidak menggunakannya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahwa penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika memudahkan dalam proses pembelajaran dan membuat pesan pembelajaran yang disampaikan guru tersimpan lebih lama diingatan siswa. Adapun 3 orang guru di sekolah tersebut yaitu guru kelas I, IIIB, dan IV, penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika pada ketiga kelas tersebut sudah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media pembelajaran seperti merumuskan tujuan pengajaran dengan memanfaatkan media, persiapan guru, persiapan kelas, penyajian pengajaran dan pemanfaatan media, kegiatan belajar siswa dan evaluasi pembelajaran. Adapun media konkret yang digunakan di kelas I pada sub tema "aku merawat tubuhku" adalah pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, dan sampo. Sedangkan di kelas IIIB pada materi "Uang" guru menggunakan uang mainan dan di kelas IV pada materi "Keliling dan luas segitiga" guru menggunakan model segitiga yang terbuat dari kertas HVS dan karton. Dari ketiga kelas tersebut terdapat satu kelas yang melibatkan siswa dalam menggunakan atau memanipulasi media konkret yaitu di kelas IIIB. Secara keseluruhan media konkret yang digunakan oleh ketiga kelas tersebut dapat memotivasi dan merangsang siswa untuk belajar, merangsang siswa berinteraksi, dan dapat dimanipulasi oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa deskripsi penggunaan media konkret pada pembelajaran matematika di SDN 2 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yakni sudah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media pembelajaran seperti merumuskan tujuan pengajaran dengan memanfaatkan media, persiapan guru, persiapan kelas, penyajian pengajaran dan pemanfaatan media, kegiatan belajar siswa dan evaluasi pembelajaran. Kata kunci : Media Konkret, Pembelajaran Matematika
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011