Penulis / NIM
NURJANA K. BADERAN / 151410354
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Nurjana K. Baderan. 2014. Penerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 4 Batudaa Pantai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II, Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode Bermain Peran pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 04 Batudaa Pantai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Bermain Peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 04 Batudaa Pantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Batudaa Pantai kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo.
Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa Sebagian besar siswa SDN 04 Batudaa Pantai dengan materi sekitar proklamasi telah memberikan situasi belajar yang berbeda, membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan, yang sebelumnya guru lebih banyak menggunakan metode mencatat, setelah penerapan metode ini siswa lebih semangat dan hasilnyapun sangat memuaskan dari siswa yang paham lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang kurang paham walupun pada penerapannya guru kurang maksimal, guru tidak menguasai langkah-langkah penerapan metode bermain peran. Pada pelaksanaannya, apa yang dilakukan guru tidak sesuai dengan Rencana Pelaksaan Pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya.
Kata Kunci: Metode Bermain Peran dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Download berkas