Penulis / NIM
RAMLAWATI Z. DATU / 151410356
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Datu, Ramlawati Z, 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Pemebelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Kelas IV SDN 94 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 94 Sipatana Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 94 Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pembelajaran IPA di kelas IV SDN 94 Sipatana Kota Gorontalo yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal ini menunjukan hasil indikator observasi motivasi belajar meliputi, 1) kesiapan belajar untuk berprestasi, 2) kebutuhan untuk belajar, 3) kebutuhan menjaga kualitas belajar, 4) kebutuhan interaksi sosial memperoleh rata-rata 76,3% . Selain itu hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi faktor intrinsik mencapai 70,83% sedangkan faktor ekstrinsik 76,83%. Dan dari semua indikator yang paling mempengaruhi motivasi siswa ialah orang tua yang memperoleh 84,54%.
Kata Kunci : Siswa, Motivasi Belajar dan Pembelajaran IPA
Download berkas