Penulis / NIM
SUSANTO PUYO / 151410359
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
Susanto Puyo, 2017. Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Model Picture And Picture Pada Pembelajaran IPS di kelas V SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Basri Amin, S.Sos, M.A, Ph.D(ABD)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan guru dalam menggunakan model Picture and Picture pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan guru dalam menggunakan model picture and picture pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo sudah sesuai dengan yang diharapkan dimana guru telah melaksanakan pembelajaran berdasarkan langkah-langkah dari model pembelajaran picture and picture. Hal ini didukung oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, dimana guru telah berusaha semaksimal mungkin menggunakan keterampilan yang dimilikinya untuk melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan langkah-langkah dari model pembelajaran picture and picture.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya keterampilan guru dalam menggunakan model picture and picture dapat membantu siswa dalam menerima materi yang disajikan oleh guru.
Kata Kunci : Keterampilan Guru, Picture and Picture, Pembelajaran IPS
Download berkas