Penulis / NIM
TRINATA HIJRIANI / 151410369
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Trinata Hijriani (2014) " Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
peristiwa alam di Indonesia melalui model pembelajaran kontekstual di kelas
v SD Inpres Pandanwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai".
Skripsi program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.
Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah dengan menerapkan
model pembelajaran kontekstual hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam di
kelas V SD Inpres Pandanwangi meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui model
pembelajaran kontekstual di kelas V SD Inpres Pandanwangi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kaji tindak yang dilaksanakan di kelas V SD Inpres
Pandanwangi Kecamatan Toili Kabupaten Banggai dengan subjek penelitian
siswa yang berjumlah 21 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat
tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan
evaluasi, refleksi dan dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 21 orang, siswa
yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja
mencapai 75% dari hasil yang dicapai pada observasi awal mencapai 38% atau 8
orang yang sudah tuntas hasil belajarnya, kemudian pada siklus I mencapai 57%
atau 12 orang yang sudah tuntas hal ini belum mencapai indikator kinerja,
sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang dicapai dengan ketuntasan
mencapai 86% atau 18 orang hasil capaian ini melebihi target yang telah
ditetapkan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran kontekstual pada materi peristiwa alam di kelas V SD Inpres
Pandanwangi hasil belajar siswa meningkat.
Kata Kunci : Kontekstual, Peristiwa, Pembelajaran
Download berkas