Penulis / NIM
SUCIK / 151410370
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Sucik, 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Script Di Kelas V SD Inpres Suka Jaya Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembibing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Apakah kemampuan siswa membaca pemahaman dapat ditingkatkan melalui metode cooperative script di kelas V SD Inpres Sukajaya Kecamatan Toili Kabupaten Banggai ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman melalui metode cooperative script di kelas V SD Inpres Sukajaya Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi dilaksanakan 2 siklus pada siswa 13 orang.
Berdasarkan observasi awal kemampuan siswa membaca pemahaman 69% atau 9 siswa dari 13 siswa. Pada siklus I yang mampu 46% atau 6 siswa selanjutnya siklus II meningkat menjadi 11 siswa atau 84%. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode cooperative script dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman di kelas V SD Inpres Kecamatan Toili Kabupaten Banggai.
Kata Kunci : Membaca, Pemahaman, Cooperative Script.
Download berkas