Penulis / NIM
MUSTAKIM / 151410402
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Mustakim. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Peristiwa Sekitar
Proklamasi Melalui Model Group Investigation (GI) di Kelas V SDN Togong
Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II
Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model
group investigation (GI) materi peristiwa sekitar proklamasi di Kelas V SDN
Togong Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten
Banggai Laut dapat
meningkat? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan hasil
belajar siswa materi peristiwa sekitar proklamasi melalui model Group
Investigation (GI) di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung
Kabupaten Banggai Laut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah:
"Jika guru menggunakan metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa materi
peristiwa sekitar proklamasi di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan
Bangkurung Kabupaten Banggai Laut akan meningkat"
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
group investigation (GI) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi
Peristiwa Sekitar Proklamasi di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan
Bangkurung Kabupaten Banggai Laut.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Group Investigation (GI).
Download berkas