Penulis / NIM
NURMAWATI N. LALU / 151410403
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Nurmawati N. Lalu. 151410403 "Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata
Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas IV SDN
Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut". Skripsi. Jurusan
PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing:
Dra. Elmia Umar M.Pd dan Nurhayati Tine,S.Pd.I,MHI ).
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model
Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada
pembelajaran PKn di SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten
Banggai Laut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang
mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn. Cara
pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa
hasil pengamatan aspek pemahaman belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Model Pembelajaran Make A Match
dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak
pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 29,73% (11 orang), pada
siklus 1 mencapai 59,46% (22 orang), dan pada siklus II 92% (34 orang) dari 37
orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan
pemahaman siswa kelas IV SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai
Kabupaten Banggai Laut.
Kata Kunci : Pemahaman, Make A Match
Download berkas