Penulis / NIM
AZIZA MOMPING / 151410407
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar
IPA konsep energi gerak dari siswa kelas III B MIN Tanobonunungan,
Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Tujuan penelitian adalah
meningkatkan hasil belajar IPA konsep energi gerak melalui metode demonstrasi
di kelas III B MIN Tanobonunungan Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai
Laut. Hipotesis tindakan adalah, jika dalam pembelajaran IPA konsep energi
gerak dilakukan melalui metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa kelas III B
MIN Tanobonunungan Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut akan
meningkat. Indikator keberhasilan, minimal 85% siswa yang dikenakan tindakan
memperoleh hasil belajar 70 ke atas. Subyek yang dikenakan tindakan pada
penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas III B MIN Tanobonunungan tahun
pelajaran 2013/2014, dengan rincian 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa
perempuan. Selama pembelajaran siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
sambil mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru, serta diberikan
kesempatan melakukan demonstrasi sesuai materi yang dibelajarkan. Berdasarkan
analisis data hasil belajar siklus I menunjukkan bahwa 17 dari 28 siswa atau
60,7% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan mencapai daya serap 70% ke atas
atau memperoleh nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas, sedangkan 11 siswa atau
39,3% yang belum mencapai daya serap 70% atau nilai kurang dari 70, dan
dinyatakan belum tuntas. Analisis data hasil belajar siklus II menunjukkan bahwa
24 dari 28 siswa atau 85,7% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan mencapai
daya serap 70% ke atas atau memperoleh nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas,
sedangkan 4 siswa lainnya atau 14,3% yang dinyatakan tidak tuntas, karena belum
mencapai daya serap 70% atau nilai kurang dari 70. Capaian ini telah melampaui
indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan capaian tersebut dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar IPA konsep energi gerak dapat ditingkatkan
melalui metode demonstrasi di kelas III B MIN Tanobonunungan Kecamatan
Banggai Kabupaten Banggai Laut.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Energi Gerak, Metode Demonstrasi
Download berkas