Penulis / NIM
MASWATI / 151410408
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
MASWATI/ 512410408. 2013. Skripsi “Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman budaya melalui model jigsaw di kelas III SDN Dusun Kawalu Bokan Kepulauan ”. Jurusan pendidikan guru sekolah dasar Fakultas Ilmu pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Dra.Hj. Hakop Walangadi, M.Si., pembimbing II. Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi keanekaragaman Budaya Melalui Model jigsaw kelas III SDN Dusun Kawalu Bokan Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif. Dari hasil observasi awal 4 orang siswa atau 30,7% dari 13 orang siswa berada pada kriteria baik pada siklus I dari 7 orang siswa atau 54% berada pada kriteria baik pada siklus II menjadi 76% siswa yang mendapakan kriteria baik.
Maka itu Pada siklus II hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya perubahan, baik dari informasi balikan yang dipantau oleh guru mitra dalam pengajaran, kegiatan siswa dalam menerima materi, kegiatan siswa dalam bermain peran dan hasil belajar siswa yang diuji melalui tes unjuk kerja.
Hasil pengamatan guru mitra pada 24 aspek yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran model jigsaw, guru mitra megatakan bahwa penelitian dilakukan pada mata pelajaran PKn materi keanekaragaman budaya yang mencapai kriteria baik sekitar 21 aspek atau 87,5%, sementara kriteria cukup memperoleh 3 aspek atau 12,5%. Hasil pengamatan pada kegiatan siswa dalam proses pembelajaran menunjukan aspek yang memperoleh kriteria baik berjumlah 19 aspek atau sekitar 82,6%, dan kriteria cukup berjumlah 4 aspek atau sekitar 17,4%.
Kata Kunci : Kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar siswa, PKN
Download berkas