Penulis / NIM
HARIANTO A. PULANDING / 151410411
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Harianto A. Pulanding. 2014. Penerapan Metode Inkuiri Dalam meningkatkan Prestesi Belajar Pada Pembelajaran PKn Pengaruh Globalisasi di Kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiniversitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag.MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten banggai Laut? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiripada kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian. Dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut pada setiap siklus. Hal tersebut di tandai dengan ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 orang siswa atau 66% dari 29 orang siswa dan pada siklus II mencapai 26 orang siswa atau 90% yang di kategorikan telahmencapai indiator penilaian, ini berarti prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn telah meningkat
Kata kunci : Prestasi Belajar dan Penerapan Metode Inkuiri
Download berkas