Penulis / NIM
HASMAWATI / 151410413
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Hasmawati. 151410413 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran
PKn melalui model Think Pair Share (Penelitian di kelas IV SDN Tolokibit
Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut)". Skripsi. Jurusan PGSD
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra.
Elmia Umar M.Pd dan Samsi Pomalingo S.Ag, MA).
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan
Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran PKn di SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten
Banggai Laut.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi
mengenal system pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn. Cara
pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa
hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Think
Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal
ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 26,67% (4
orang), pada siklus 1 mencapai 60% (9 orang), dan pada siklus II 93,33% (14
orang) dari15 orang siswa.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Think Pair Share
Download berkas