Penulis / NIM
ASRINA TALIBAS / 151410415
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Asrina Talibas. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS
Di Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Di SDN
Inpres Malino Kabupaten Banggai Laut. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Nurhayati
Tine, S.Pd.I, M.Hi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model
Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran
IPS Di SDN Inpres Malino Kabupaten Banggai Laut dapat ditingkatkan? Tujuan
penelitian ini untuk Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV
Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Di SDN Inpres Malino
Kabupaten Banggai Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus Di
SDN Inpres Malino Kabupaten Banggai Laut dengan 4 tahapan yaitu persiapan,
pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi.
Hasil penelitian Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV Melalui
Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Di SDN Inpres Malino Kabupaten
Banggai Laut pada observasi awal siswa yang mampu hanya 4 orang atau 33.33%
Pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 8 orang atau
66.67% dan pada tindakan siklus II lebih meningkat menjadi 11 orang atau
91.67%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model
Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pada Pembelajaran IPS Di SDN Inpres Malino Kabupaten Banggai Laut.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw.
Download berkas