Penulis / NIM
MISRA S. TILAL / 151410424
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Misra S. Tilal,2012. Meningkatkan kemampuaan membaca permulaan melalui model Think Pair Share pada siswa II SDN Popisi Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo,2012. Pembimbing I Dra.Hawa Pattiha,S.Pd.M.Pd dan pembimbing II Dra.Ratnarti Pahrun,M.Pd.
Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang ditemukan yaitu : perhatian siswa pada saat proses pembelajaran masih sangat kurang, Guru belum menerapkan model pembelajaran tertentu dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN Popisi, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaa melalui model Think Pair Share di kelas II SDN Popisi,
Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif dimana siswa dikelompokan menjadi kelompok belajar membaca. Setiap kelompok diberi tugas untuk menjelaskan materi sesuai yang diberikan dan mempresentasikan tugasnya di depan kelompok lain dan kelompok lain menanggapi.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan indikator kinerja ditetapkan ketuntasan individu minimal 75 %, siswa mempunyai nilai kriteria ketuntasan minimal 65 ke atas. Pada siklus I kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Popisi mencapai 9 siswa atau 45 % dan yang belum mampu membaca 11 siswa atau 55 %. Siklus I dinyatakan belum tuntas dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh 15 siswa atau 75 % yang memiliki kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas II SDN Popisi.
Kata Kunci : Membaca permulaan dan model Think Pair Share.
Download berkas