Penulis / NIM
MARJANI / 151410425
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Marjani. Nim. 151 410 425. "meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pkn tentang pentinguya harga diri melalui model kooperatif learning tipe STAD pada kelas III SD Negeri Kendek Kecamatan Banggai Utara Kabupaten Banggai Kepulauan." Suafii penelitian tindakan kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi pentingnya harga diri di kelas III SD Negeri Kendek. Adapun yang menjadi tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn tentang materi pentingnya harga diri melalui model kooperatif tipe STAD. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitaif.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian akan dihentikan jika telah tercapai hasil pemaharnan siswa sebesar 75 % dan jumlah keseluruhan subyek penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas III SD Negeri Kendek. Hasil kegiatan belajar siswa diuktu dengan menggunakan skala penilaian yang ditetapkan dalam bentuk presentase.
Hasil penelitian memrnjukan bahwa pemahaman siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan yang signifikan pada aspek memahami isi pokok materi, dan menyimpulkan materi. Hal ini dituqjukan oleh peningkatan pemahaman pada aspek memahami isi pokok materi yaitu 18 siswa atau (72 %) dai' 25 jumlah siswa, sementara yang pahan menyimpulkan materi sebanyak 20 siswa atau (80 %) darr 25 jumlah siswa. Dan pada siklus II, jumlah siswa 25 omng yang memahami isi pokok materi sebanyak 25 orangatau (100 %). Dan dai 25jumlah siswa yangpaham menyimpulkan materi sebanyak 23 orangatau(92%).
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pentingnya harga diri.
Kata Kunci: Pemahaman siswa, model kooperatif tipe STAD
Download berkas