Penulis / NIM
HARIANTO / 151410427
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
HARIANTO/ 151 410 427. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat Mata Pelajaran PKN Melalui Model STAD Di Kelas IV SDN Pembina Mansalean Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Kepulauan, Masih kurang termotivasi. Hal ini menjadi masalah dalam penelitian ini. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model STAD.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa dalam Materi Sistem Pemerintahan tingkat Pusat melalui model STAD di kelas IV SDN Pembina Mansalean. Peningkatan motivasi belajar siswa pada materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat pelajaran PKN dikatakan meningkat jika persentase jumlah siswa yang sudah mampu dapat ditingkatkan minimal 75%
Pengambilan data menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tentang materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat di kelas IV SDN Pembina Mansalean. Dari hasil observasi awal 8 orang siswa atau 44% dari 15 orang siswa berada pada kriteria cukup/kurang sedangkan pada siklus I setelah dilanjutkan maka dari 15 orang siswa 47% menjadi 87% pada siklus II.
Hasil analisis dengan model STAD diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan hasil Motivasi dan kemampuan siswa tentang materi sistem pemerintahan tingkat pusat pada pelajaran PKN meningkat dari hasil observasi awal pada siklus I motivasi belajar siswa 47% dan siklus II peningkatan motivasi belajar siswa menjadi sebesar 87%, sehingga pembelajaran model STAD mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan hasil Motivasi Belajar siswa tentang materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat pada pelajaran PKN.
Kata Kunci : Kooperatif tipe STAD, motivasi belajar siswa, PKN.
Download berkas