Penulis / NIM
SUKRI / 151410430
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Sukri. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Air Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) di kelas V SD Negeri Panapat Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang hasil belajar siswa pada materi daur air di kelas V SDN Panapat Kabupaten Banggai Kepulauan dapat ditingkatkan melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning)? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Panapat Kabupaten Banggai Kepulauan pada materi daur air melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Tindakan kelas ini dianggap berhasil jika memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila persentase siswa yang memiliki tingkat hasil belajar yang optimal dapat ditingkatkan dari 4 orang siswa atau (29%) menjadi 12 orang siswa (85%). Dengan kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 maka hasil penelitian dinyatakan berhasil.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Panapat Kabupaten Banggai Kepulauan pada materi daur air dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning). Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus. Di mana hasil observasi awal menunjukan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 orang atau (29%) dengan perolehan nilai ? 70. Sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 11 orang atau (71%) atau yang memperoleh nilai < 70.
Selanjutnya pada siklus I telah terjadi peningkatan yakni jumlah siswa yang tuntas dengan perolehan nilai ? 70 sebanyak 8 orang siswa atau 57%, selanjutnya siswa yang tergolong belum tuntas atau dengan perolehan nilai < 70 sebanyak 6 orang atau 43% sedangkan siklus II menunjukan jumlah siswa yang tuntas atau yang perolehan nilainya ? 70 sebanyak 13 orang siswa atau 93%, selanjutnya siswa yang belum tuntas atau memperoleh nilai < 70 sebanyak 1 orang siswa atau 7%, dengan nilai rata-rata sebesar 84,24.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning)
Download berkas