Penulis / NIM
KUIN M. MOLUNGGUS / 151410431
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Kuin M. Molunggus. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perjuangan Melawan Belanda Sebelum Abad XX Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung pada materi perjuangan melawan Belanda sebelum abad XX dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran jigsaw? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa IPS pada materi perjuangan melawan Belanda sebelum abad XX melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa terjadi terjadi peningkatan hasil belajar siswa di kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung setelah diterapkan model pembelajaran jigsaw pada materi perjuangan melawan Belanda sebelum abad XX. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I kegiatan pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran jigsaw belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II, maka hasil belajar siswa meningkat,yakni terjadi peningkatan hasil belajar siswa di kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung setwlah di terapkan model pembelajaran jigsaw pada materi perjuangan melawan belanda sebelum abad XX. Indikator kinerja yang di tetapkan telah tercapai pada siklus II yakni jumlah siswa yang tuntas atau tergolong kriteria skor ? 70 sebanyak 16 orang siswa atau 89%, selanjutnya siswa yang belum tuntas atau tergolong kriteria skor ? 70 sebanyak 2 orang siswa atau 11%. Dengan nilai rata-rata sebesar 81,6%, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah.
Kata kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Jigsaw
Download berkas