Penulis / NIM
NISMA A. LUMUAN / 151410437
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Nisma A. Lumuan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Metode Pemberian Tugas pada Siswa Kelas IV SDN Inpres Bentean Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan menulis karangan sederhana melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas IV SDN Inpres Bentean Kabupaten Banggai Kepulauan dapat ditingkatkan? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan.
Pengambilan data menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus. Diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, kemudian dilanjutkan ke tahap analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa dikelas IV SDN Inpres Bentean Kabupaten Banggai Kepulauan. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan yang dicapai oleh siswa pada observasi awal 56,18%, siklus I meningkat menjadi 65,25%, dan siklus II meningkat menjadi 77,25%, sehingga pengajuan hipotesis tindakan.
Kata Kunci : kemampuan menulis karangan sederhana metode pemberian tugas
Download berkas