SKRIPSI

Penulis / NIM
ELFIAN LATTA / 151410444
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Elfian Latta. 2012. NIM 151 410 444.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Materi Gerak Benda Melalui Metode Guided Discovery Di Kelas III SDN Kalupapi Inpres Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Kepulauan.Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd., M.Pddan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd., M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakanmetode Guided Discovery, hasil belajar tentang materi gerak bendapada siswa kelas III SDN Inpres Kalupapi Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Kepualauan dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi gerak bendamelalui Metode Guided Discovery pada siswa kelas III SDN Inpres Kalupapi Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Kepualauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi gerak benda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 5 siswa atau 29,42% yang memperoleh nilai 6,5 ke atas dan siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke bawah berjumlah 12 orang atau 70,58%. Sehingga hasil yang dicapai belum maksimal dengan daya serap 59,23%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II dengan menggunakan metode Guided Discoveryhasilnya sudah mencapai target atau meningkat karena siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas berjumlah 14 orang atau 82,35% dan siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke bawah berjumlah 3 orang atau 17,65 dengan daya serap 80,0%, jadi peningkatan hasil pencapaian 52,94,1%. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas.Untuk dapat melaksanakan pembelajaran IPA khususnya tentang materi gerak benda di kelas III SDN Inpres Kalupapi Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Kepualauan secara efektif maka guru harus jeli dalam memilih metode yang tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan guru adalah Metode Guided Discovery. Disimpulkan bahwa dengan Metode Guided Discoverysiswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Kata Kunci : materi gerak benda dan metode Guided Discovery
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011