SKRIPSI

Penulis / NIM
HAJRAH DJ. SA'AMA / 151410445
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK Hajrah DJ. Saama.2012. Skripsi. “ Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pengumuman Yang Dibaca Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelas IV SDN Minanga Kec. Bokan Kepulauan Kab. Banggai Kepulauan”. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode pemberian tugas,keterampilan menyimak pengumuman yang dibaca pada siswa kelas IV SDN Minanga kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Kepulauan akan meningkat?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak pengumuman yang dibaca di kelas IV SDN Minanga Kec. Bokan Kepulauan Kab. Banggai Kepulauan melalui metode pemberian tugas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Minanga Kec. Bokan Kepulauan Kab. Banggai Kepulauan dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan observasi awal dan juga dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, dan refleksi. Sesuai hasil observasi awal penelitian yang dilaksanakan pada hari senin 14 Mei 2012 keterampilan siswa dalam menyimak pengumuman yang dibaca masih sangat rendah yaitu hanya mencapai 31,25% dari 16 orang siswa atau hanya 5 orang siswa saja yang terampil dalam menyimak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak pengumuman yang dibaca dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas. Pada siklus I terdapat 43,75 % atau 7 orang siswa yang memperoleh kriteria terampil, 18,75 % atau 3 orang siswa memperoleh kriteria kurang terampil, dan 6 orang atau 37,5 % memperoleh kriteria tidak terampil dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5 % atau 14 orang siswa memperoleh kriteria terampil, 12,5 % atau 2 orang memperoleh kriteria kurang terampil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode pemberian tugas, maka keterampilan menyimak pengumuman yang dibaca dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Menyimak Pengumuman, Metode Pemberian Tugas.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011