Penulis / NIM
MUJIA / 151410447
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Mujia. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi perubahan Lingkungan Melalui Media Gambar kelas IV SDN Kendek, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas IV SDN Kendek, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan. Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Penggunaan Media Gambar. Teknik Pengambilan data melalui Tes, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan indikator kinerja ditetapkan ketuntasan individu minimal 70% siswa mempunyai nilai kriteria ketutasan minimal dan ketuntasan klasikal sebesar 80 %
Pada siklu I hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kendek pada materi perubahan lingkungan mencapai 18 siswa tuntas individu da ketuntasan klasikal 66, 67 %. Denga mengacu pada indikator kinerja maka diputuskan bahwa penelitian yang dilakukan pada siklus I dinyatakan belum tuntas dan dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar pada siklus II diperole 22 siswa tuntas individu dan ketuntasan klasikal 81,48 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Gambar pada materi perubahan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kendek, Kecamatan Banggai Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Oleh karena itu, diharapka kepada guru IPA agar menerapka penggunaan Media Gambar dalam pembelajaran disekolah dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Media Gambar
Download berkas