Penulis / NIM
TONY / 151410449
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
TONY. 151 410 449. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Dengan Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Di Kelas IV SDN Pembina Mansalean Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Kepulauan. Masih kurangnya Pemahaman Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi di kelas IV SDN Pembina Mansalean ini menjadi masalah dalam penelitian ini. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi kegiatan ekonomi, jika persentase rata-rata jumlah siswa yang sudah mampu dapat ditingkatkan minimal 75%-80%.
Pengambilan data menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil dari apa yang menjadi masalah dalam penelitian ini. Dari observasi awal nilai rata-rata dari 15 orang siswa 58,89, pada Siklus I memperlihatkan nilai rata-rata siswa meningkat dari 58,89 menjadi 72,00. Artinya mulai ada peningkatan. Namun karena belum memenuhi pencapaian target, dilanjutkan denagn pelaksanaan siklus II yang memperlihatkan peningkatan dari 72,22 menjadi 84,11 dari 15 orang siswa kelas IV SDN Pembina Mansalean.
Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah metode STAD mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan hasil pemahaman siswa pada materi kegiatan ekonomi.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Pembelajaran Kooperatif, STAD
Download berkas