Penulis / NIM
NURHASANAH / 151410456
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Nurhasanah. 151410456 “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Teknik Bermain Pias Kata Pada Siswa Kelas II SD Inpres 2 Rusakencana Kecamatan Toili Kabupaten Banggai”.Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Evi Hasyim,M.Pd dan Pembimbing II: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.
Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia,memotivasi guru untuk berupaya meningkatkannya dengan teknik mengajar yang relevan dengan tingkat usia perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca sebagai pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap
siswa. Tanpa pengtahuan membaca, siswa tidak dapat mengembangkan pengetahuan lainnya.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Inpres 2 Rusakencana Kecamatan Toili Kabupaten Banggai yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yakni dimulai dengan observasi awal, tahap pelaksanaan tindakan dimana pada tahap ini
dilakukan dalam 2 siklus, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Dari hasil kegiatan baik pengamatan dan penilaian yang dilaksanakan dalam 2 siklus terlihat bahwa telah terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan. Hal ini dibuktikan oleh hasil
analisis terhadap data yang telah dikumpulkan, dimana hasil tersebut menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian telah tercapai.
Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa teknik bermain pias kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 8 orang atau 42% , siklus I 10 orang atau 64% dan pada siklus II mencapai 16 orang atau 84%.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Pias Kata
Download berkas