Penulis / NIM
I KETUT BAGIAWAN / 151410467
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
I Ketut Bagiawan. 2014. Analisis Kesalahan Penggunaan Pungtuasi Pada
Penulisan Surat Pribadi Siswa Kelas V SD Inpres Pandanwangi Kabupaten
Banggai Sulawesi Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Evi
Hasim, M.Pd dan Pembimbing II: Wiwy Triyanty Pulukadang,S.Pd,M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah analisis kesalahan pungtuasi
pada penulisan surat pribadi Siswa Kelas V SD Inpres Pandanwangi Kabupaten
Banggai Sulawesi Tengah? Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan
pungtuasi pada penulisan surat pribadi siswa kelas V. Teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Teknik
analisis data adalah menggunakan deskritif kualitatif.
Sesuai dari hasil penelitian, kesalahan penggunaan pungtuasi siswa kelas V SD
Inpres Pandanwangi secara keseluruhan, yaitu kesalahan pungtuasi tingkat rendah
sebanyak 8 siswa (42,10 %), kesalahan pungtuasi tingkat menengah sebanyak 5
siswa (26,32 %), dan kesalahan pungtuasi tingkat tinggi sebanyak 6 siswa (31,58
%).
Dengan demikian, disimpulkan penggunaan pungtuasi pada penulisan surat
pribadi siswa kelas V SD Inpres Pandanwangi Kabupaten Banggai, sebagian besar
siswa belum tepat dalam penggunaan pungtuasi.
Kata kunci : Pungtuasi, surat pribadi.
Download berkas